Menghargai Proses


Di dunia ini, tak ada sesuatu yang bisa diperoleh secara instan. Semua hal butuh proses. Karena manusia ditakdirkan untuk hadir di dunia ini sebagai makhluk yang berproses.

Seorang pengusaha sukses, bisa jadi berawal dari tingkat terbawah dalam karirnya. Berusaha dari nol hingga mencapai kesuksesannya sudah pasti butuh waktu yang tidak singkat. Tak selalu mulus, perjalanan karirnya pun terkadang penuh dengan hambatan dan ujian. Akan tetapi, satu hal yang dapat kita ambil kesimpulan dari pengusaha yang sukses dalam karirnya adalah, ia tak pernah menyerah dalam menghadapi setiap ujian dalam hidupnya.

Ia menjadikan setiap masalah, sebagai sebuah tantangan yang harus dihadapi dan dituntaskan. Keberhasilan dalam mengatasi setiap permasalahan adalah tujuan yang ditargetkannya "harus selesai". Pantang menyerah adalah prinsip yang harus selalu dipegang teguh, karena untuk mencapai kesuksesan, diperlukan sebuah keyakinan bahwa setiap permasalahan pasti ada solusi, jalan keluarnya.

Tak hanya dalam profesi sebagai pengusaha. Secara umum, konsep tentang proses juga berlaku untuk setiap bidang, setiap hal yang dijalani oleh setiap orang, bahkan setiap makhluk yang ada. Dan sekali lagi, setiap proses butuh waktu untuk mencapai tujuannya.

Permasalahan yang sering terjadi, dan tidak saya pungkiri juga sering saya alami, adalah rasa tidak sabar dalam menjalani proses. Hal yang biasanya didasari oleh rasa iri ataupun ingin cepat mendapatkan sesuatu yang sama dengan yang telah diraih oleh orang lain. Ternyata, hal tersebut cukup berpengaruh terhadap proses yang sedang dijalani. Terlalu terpaku pada hasil yang telah diraih oleh orang lain, terkadang membuat kita cepat menyerah ketika satu atau beberapa hambatan mulai muncul.

Salah seorang teman, pernah menasihati saya terkait permasalahan tersebut.

"Setiap orang memiliki takdirnya masing-masing. Kamu bukan dia, dan Dia juga bukan orang seperti kamu. Jalani saja proses yang sudah kau tentukan, jangan terpaku pada hasil yang dicapai orang lain. Konsentrasi lah pada prosesmu, dan tentukan target dan tujuanmu sendiri".

Sebuah nasihat yang bagi saya cukup menohok, dan memaksa saya untuk kembali mengevaluasi diri.

Ada hal lain yang juga cukup berpengaruh terhadap proses yang sedang kita jalani, yaitu rasa percaya diri. Krisis percaya diri dapat mengakibatkan munculnya keraguan dalam mengambil suatu langkah, bahkan tidak mempercayai hasil atau setiap kemungkinan. Hal tersebut merupakan dampak dari kita yang terlalu terpaku pada hasil yang telah dicapai oleh orang lain.

Maka dari itu, dari setiap evaluasi yang saya lakukan, kembali saya diingatkan pada prinsip hidup yang pernah saya tetapkan. Tetap menjadi diri sendiri, dan tetap terus berusaha menjadi lebih baik.

Setiap proses pasti akan tertuju pada sebuah akhir, bisa jadi kesuksesan ataupun kegagalan. Yang perlu saya tekankan dalam tulisan ini adalah, kita tidak akan pernah mencapai kesuksesan jika kita tidak menghargai setiap proses yang dijalani.

Sebuah Catatan, Agustino Pratama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel