Mulai saja dulu


Hal yang terkadang sulit untuk dilakukan adalah memulai sesuatu yang baru. Apa lagi, jika sebelumnya kita sudah pernah mencoba melakukan hal yang sama, tapi belum berhasil atau pernah gagal. Rasa ragu ataupun takut menemui kegagalan yang sama, menjadi penghambat yang membuat kita berfikir ulang untuk mencoba lagi apa yang sudah pernah kita lakukan.

Mungkin, begitulah yang sering saya rasakan ketika saya ingin kembali memulai sesuatu yang sebelumnya pernah gagal atau yang hanya sempat terhenti. Hilangnya rasa percaya diri terhadap kemampuan, membuat saya terus menerus berhenti dalam pertimbangan. Rasanya, takut untuk mencoba lagi.

Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, saya mulai menemukan beberapa orang teman yang berhasil dalam merintis proses mereka. Satu demi satu, mereka bisa mencapai kesuksesan mereka dengan cara yang pernah saya lakukan namun gagal. Disitulah, akhirnya saya disadarkan.

Kegagalan dalam proses seharusnya menjadi evaluasi bagi diri saya pribadi. Hal yang seharusnya saya lakukan adalah tidak cepat menyerah ataupun putus asa. Selalu ada kesempatan dan pasti akan ada titik keberhasilan di setiap kesempatan itu. Dan itulah yang seharusnya saya perjuangkan.

Saya harus memulai yang baru, setidaknya dengan sebuah langkah kecil, sederhana. Saya harus berusaha melawan kekhawatiran ataupun rasa takut gagal dalam diri saya. Dan hal terpenting yang seharusnya menjadi perhatian saya adalah, "tidak ada sesuatu yang diperoleh secara instan". Semua butuh proses. Dan proses itu tidak akan berjalan jika tidak segera dimulai dengan langkah, walaupun kecil.

Kunci sebuah kesuksesan adalah langkah yang dimulai, bukan sekedar langkah yang direncanakan namun tak pernah dijalankan. Hal kecil, pasti akan ada saatnya menjadi sesuatu yang besar. Dan yang perlu saya lakukan adalah, mulai saja dulu.

Karena proses akan kembali berjalan saat kita sudah memutuskan untuk kembali memulai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel